Pages

Rabu, 25 Februari 2015

Tips Memilih dan Membeli Senar Gitar Akustik







Senar gitar yang berkembang pada saat ini dapat di bedakan menjadi 2, yaitu : 
  • Senar Nilon : Senar Nilon ini terbuat dari Nilon dan Fluorocarbon
  • Senar Baja : logam, polimer, nikel, stainless, perunggu, fosfor perunggu
masing-masing senar ini ada yang terdiri 6,12 bahkan lebih untuk perpaketnya.Beda dengan untuk senar gitar bass biasanya terdiri dari 4, 5, atau enam senar saja. Senar nilon ini biasanya di gunakan untuk gitar-gitar klasik, untuk senar baja bisa dipakai di gitar jenis apa saja dan senar gitar ini mempunyai berbagai macam ukuran diameternya.

Lihat gambar Tabel Ukuran Senar Gitar Akustik di bawah ini !

Meskipun banyak Merk Senar Gitar Akustik yang banyak di pasaran atau di toko alat musik  tapi menurut gw ada beberapa yang bagus dan ada beberapa yang yang kurang bagus, itu menurut gw hehehe..di bawah ini gw share macam-macam merk gitar yang terkenal.

 Macam-macam  merk senar gitar yang terkenal :
  • D'Addario
  • Dean Markley
  • Ernie Ball
  • Fender
  • Gibson Guitar Strings
  • Martin Guitar Strings
  • Martin
  • Exiler
  • Dll
Nah kalau menurut gw ada beberapa Kategori Senar Gitar Akustik yang bagus seperti :

1. D’Addario

2. Martin

3. Exiler

4. Ernie Ball

Keempat merek senar gitar akustik di atas yang menurut gw bagus. 
Di bawah ini gw share beberapa tips untuk BroSis untuk memilih Senar GitarAkustik :

1. Ketegangan :
Pada Umumnya Senar Gitar Classic dibuat dalam ketegangan yang berbeda. Yaitu tegangan rendah atau biasanya disebut sebagai ketegangan moderat atau ringan, Tegangan normal atau sedang, Tegangan Keras atau Tegangan Tinggi

2. Bahan Senar  :
Bahan Senar berpengaruh besar pada akustik warna suara (timbre) yang kita inginkan. Warna Suara juga di bagi menjadi 3 yaitu :
1.      Mellow (warna suara lebih bass, biasanya freq harmonic banyak           terkandung di mid freq hingga loq freq). 
2.      Bright (warna suara cempreng, freq harmonic dominan di freq tinggi). 
3.       Brilliance (warna suara seimbang, bright dan mellow). 

Beberapa bahan senar akustik steel yang sering kita lihat adalah sebagai berikut: 
1.      80/20 Bronze : Senar ini banyak sekali digunakan oleh gitaris. Warna suara lebih bright. Cocok untuk lagu-lagu yang butuh strum, lagu yang berkesan ceria. 
2.      Phosphor Bronze : Senar ini favorit untuk mereka yang suka solo. Warna suara brilliance. Cocok untuk lagu-lagu fingerstyle solo yang lebih banyak metik senar dan tapping. 
3.      Silk Steel : warna suara lebih mellow. cocok untuk lagu-lagu jazz maupun lagu yang butuh kesan mellow. 
4.      Flat Tops : warna suara mellow, agak sedikit bright di senar 1 dan 2. Biasanya digunakan untuk lagu dengan suara lembut seperti jazz misalnya. Jadi senarnya seperti nilon tapi terbuat dari steel. Fingernoise ga terasa kalau  pake senar ini. 
5.      Coated : Jika pada kemasan senar tertulis coated, artinya senar itu memiliki bahan pelapis yang melapisi permukaan bahan senar utama untuk melindungi senar dari karat. Apakah tidak akan berkarat? Pertanyaan bagus hehehe..Ya kalau lapisannya habis ya akan berkarat juga, Tapi senar akan lebih lama bertahan dari karat yang berakibat suara original senar akan bertahan lama. Senar dengan coated cocok untuk di mainkan di ruangan yang lembab atau  jari yang mudah berkeringat.
Ada juga istilah lain kayak bronze alloy, vintage bronze dan lain-lain pada merk senar lain, tapi warna suara yang dihasilkan karakternya tidak berbeda jauh dengan yang disebutkan lain.

3. Ukuran Senar  :
Ada macam ukuran senar gitar yang tersedia di pasaran. Untuk gitar akustik kita sering membuat istilah “senar kecil”, “senar sedang”, dan “senar besar.
Senar dengan ukuran Kecil kelebihannya mudah untuk dilakukan bending dan juga tidak membuat jari sakit bagi yang baru belajar gitar. Kelemahannya senar kecil adalah, untuk yang belum terbiasa melakukan bending, kadang terjadi over tone atau kelebihan nada. Maksudnya, ada kemungkinan waktu “membengkokkan ” senar terlalu berlebih sehingga nada yang dihasilkan tidak sesuai dengan nada yang diinginkan.

Senar dengan ukuran lebih besar biasanya menghasilkan bunyi yang lebih keras (volume suaranya lebih besar) dan lebih bagus sustain (lama bunyinya) . Tapi di sisi lain senar ukuran besar akan lebih sakit untuk di-bending buat yang belum terbiasa dan buat yang jarinya agak lembut (biasanya cewek).

Semakin besar diameter suatu senar maka senar itu akan semakin tebal dan berat serta akan menghasilkan lebihbanyak tegangan, sehingga akan semakin sulit untuk ditekan atau di bending dan jarak senar dengan fret akan tinggi
Sebelum mengganti senar ada baiknya dilihat dulu dari desain Nut gitar (bagian atas gitar yang biasanya berwarna putih) yang mau di ganti senarnya karena nut itu biasanya dari pabrikannya sudah di bikin sedemikian rupa untuk menyesuaikan bentuk diameter senar gitarnya.
 

Jadi, saat memilih senar, pilihlah ketegangan, bahan, dan ukuran yang sesuai untuk kebutuhan lagu yang kita mainkan ataupun genre yang sering kita mainkan. Cara termudah untuk membedakan karakter senar yang kita butuhkan adalah dengan mencoba senar-senar tersebut sehingga kita tau senar apa yang kita butuhkan untuk lagu yang akan kita mainkan.

sumber: http://jengkrung-belajargitar.blogspot.com/2014/02/tips-memilih-dan-membeli-senar-gitar_2.html

7 komentar:

  1. Bang kalau untuk gitar apx hamaha 600 bawaan senarnya sakit bnget di tangan untuk memainkan nada tinggi solo kurang enak .. tapi bunyinya keras dan lamaa .. kira kira untuk nut gtr apx nyocoknya oakai senar size berapa yg bisa buat tangan tdk terlalu sakit saat neken

    BalasHapus
  2. Mslh kesesuaian senar, ada benarnya di ats, pertama dilihat dri Nut nya, klo kegedean bs rusak Nutnya, kedua disesuaikan dgn kemampuan back neck gitar, standarnya pke mahoni dri senar o,9- 0,11 maksimal tahan tarikannya, lbih dri itu cepat atau lambat neckx bs melintir sedikit, tergantung klo sdh main dikendorkan senarx ataukah tdk. Klo maple, rosewood (sonokeling) dan ebony untuk back necknya bs pke senar sampai ukuran 0,12

    BalasHapus
  3. Kalau menurut abang,,gita yamaha apx II buat genjreng..cocok nya senar ukuran berapa

    BalasHapus
  4. Bang mau tanya snar(string) yang cocok buat gitar akustik(clasik) yang bagaimana ya tapi bukan yang nilon yah soalnya kurang nyaman kalau pake nilon atau buat gitar yamaha c315(ori)

    BalasHapus
  5. Bang mau tanya snar(string) yang cocok buat gitar akustik(clasik) yang bagaimana ya tapi bukan yang nilon yah soalnya kurang nyaman kalau pake nilon atau buat gitar yamaha c315(ori)

    BalasHapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus