Pages

Rabu, 04 Februari 2015

Sejarah dan Perkembangan Sony

Melihat Sejarah Berdirinya Sony, ini telah dimulai dari didirikannya TTK pada mei 1946 oleh Masaru Ibuka dan Akio Morita. Kemudian berganti nama menjadi Sony ditahun 1958. Hingga sekarang ini, perusahaan yang berkantor pusat di Minato, Tokyo, Jepang tersebut, telah menjadi perusahaan konglomerat multinasional . Perusahaan ini adalah salah satu produsen terkemuka produk elektronik untuk pasar konsumen kelas menengah dan profesional.

Perusahaan Sony mempunyai beberapa sektor industri, seperti pada Elektronik (seperti AV / produk dan komponen IT), game (seperti PlayStation), Hiburan (seperti film dan musik) , dan sektor Jasa Keuangan (seperti asuransi dan perbankan).
Sony didirikan pada 7 Mei 1946 dengan nama Perusahaan Telekomunikasi Tokyo (Tokyo Telecommunications Engineering Corporation) dengan sekitar 20 karyawan. Seiring dengan berkembangnya Sony sebagai perusahaan internasional yang besar, ia membeli perusahaan lain yang mempunyai sejarah yang lebih lama termasuk Columbia Records (perusahaan rekaman tertua yang masih ada, didirikan pada tahun 1888). Hingga saat ini (2014), operasi bisnis Sony meliputi;
  • Electronics & Mobile
  • Film & Television
  • Music
  • Games
  • Digital Services
  • Biotechnology
  • Micronics (Medical business)
  • Sony Card.
Yang selanjutnya semua bidang-bidang tersebut dibawah Sony Group. Sony termasuk satu dari pabrikan elektronik terbesar di Seluruh Dunia, masuk dalam Top 20 Semiconductor pemimpin penjualan dan bahkan terbesar ketiga untuk produsen televisi di dunia, setelah Samsung Electronics dan LG Electronics. Slogan perusahaan saat ini BE MOVED. Mantan slogan mereka make.believe dan like.no.other.
Sony Corporation adalah unit bisnis elektronik dan induk perusahaan dari Sony Group. Ini terutama melakukan perencanaan strategis bisnis kelompok, penelitian dan pengembangan (R & D), perencanaan, merancang dan pemasaran untuk produk elektronik. Anak perusahaan seperti Sony EMCS Corporation (6 ada di Jepang), Sony Semiconductor Corporation (7 pabrik di Jepang) dan anak perusahaan di luar Jepang (Brazil, Cina, Inggris, India, Malaysia, Singapura, Korea Selatan, Thailand, Irlandia dan Amerika Serikat) bertanggung jawab untuk manufaktur serta rekayasa produk (Sony EMCS juga bertanggung jawab untuk operasi layanan pelanggan). Pada tahun 2012, Sony menggulung sebagian besar layanan konten konsumen (termasuk video, musik, dan game) ke Sony Entertainment Network.
Sejarah Berdirinya Sony
Kartor pusat Sony, Minato, Tokyo, Jepang | image by Wikimedia

Sejarah Berdirinya Sony

Nama “Sony” dipilih untuk merek sebagai campuran dari dua kata. Salah satunya adalah kata Latin “sonus”, yang merupakan akar dari kata sonik yang mempunyai arti suara atau bunyi, dan yang lain adalah “Sonny”, istilah yang akrab digunakan dalam tahun 1950-an yang populer di Amerika untuk memanggil anak laki-laki.
Pada september 1945, dimulailah cerita sejarah berdirinya Sony, Masaru Ibuka kembali ke Tokyo setelah perang usai, ia memulai sebuah toko elektronik di gedung department store di Tokyo. Tahun berikutnya, tepat pada 7 mei 1946, ia bergabung dengan rekannya, Akio Morita, dan mereka berdua mendirikan sebuah perusahaan bernama Tokyo Tsushin Kogyo (Tokyo Telecommunications Engineering Corporation ).
Ketika Tokyo Tsushin Kogyo sedang mencari nama yang sudah diromanisasi digunakan untuk memasarkan diri, mereka sangat mempertimbangkan menggunakan singkatan mereka, TTK. Alasan utamanya, mereka melihat perusahaan kereta api Tokyo Kyuko yang saat itu dikenal sebagai TTK.
Perusahaan kadang-kadang digunakan akronim “Totsuko” di Jepang, namun selama kunjungannya ke Amerika Serikat, Morita menemukan bahwa orang Amerika mengalami kesulitan mengucapkan nama tersebut. Nama awal lain yang mencoba keluar untuk sementara waktu adalah “Tokyo Teletech” sampai akhirnya Akio Morita menemukan adanya perusahaan Amerika yang sudah menggunakan Teletech sebagai nama merek.
Pada tahun 1955, perusahaan TTK mengeluarkan produk TR -55 radio transistor.
Dan pada 1958 perusahaan mulai secara formal mengadopsi nama ” Sony Corporation ” sebagai nama perusahaan. Mudah digunakan dan mudah dieja dalam segala bahasa dunia. Nama Sony menggaungkan semangat kebebasan dan keterbukaan dalam inovasi.
Langkah ini sebelumnya mendapatkan tentangan dari bank yang merupakan sponsor TTK saat itu, Mitsui Bank, mereka menginginkan nama seperti Sony Electronic Industries, atau Sony Teletech. Tetapi pendirian Akio Morita tetap teguh, karena dia tidak ingin nama perusahaannya terkait dengan industri apapun juga. Akhirnya, sang Ketua Bandai dan Presiden Masaru Ibuka memberikan persetujuannya.

Masaru Ibuka

Masaru Ibuka (11 April 1908, Nikko City, Jepang – 19 December 1997, Tokyo) adalah seorang industrialis elektronik Jepang. Ia lulus dari Universitas Waseda pada tahun 1933. Setelah kelulusan, ia bekerja di Photo-Chemical Laboratory, sebuah perusahaan yang memproduksi film. Pada tahun 1946, ia meninggalkan perusahaan tersebut dan mendirikan toko reparasi radio di Tokyo, yang merupakan cikal bakal perusahaan SONY.

Akio Morita

Akio Morita (lahir 26 Januari 1921 – meninggal 3 Oktober 1999 pada umur 78 tahun) adalah pelopor berdirinya Sony Corporation. Sejak menginjak dewasa, di bawah pantauan ayahnya, Kyuzaemon, Akio dipersiapkan untuk menjadi pewaris bisnis keluarga. Bahkan ketika masih mahasiswa, Akio sering dilibatkan dalam rapat perusahaan dengan ayahnya dan ia membantu bisnis keluarga terutama pada liburan sekolah.
Sejak usia dini, Akio gemar mengutak-atik peralatan elektronik. Matematika dan fisika adalah mata pelajaran favorit selama SD dan SMP dan sekolah tinggi. Setelah lulus dari Sekolah Tinggi, ia masuk Jurusan Fisika di Osaka Imperial University. Pada saat lulus dari Universitas, Jepang terlibat dalam perang Pasifik dan Akio bergabung dengan Angkatan Laut pada tahun 1944.
Ketika ia kembali ke rumah keluarga di Nagoya setelah perang, ketika sebuah artikel tentang laboratorium penelitian didirikan oleh Ibuka muncul dalam kolom surat kabar Asahi disebut, “Blue Pensil”. Morita diundang untuk bergabung dengan fakultas Institut Teknologi Tokyo oleh salah seorang profesor. Morita mengemasi barang-barangnya dan siap untuk berangkat ke Tokyo. Dengan berakhirnya perang, Ibuka mendirikan Institut Penelitian Telekomunikasi Tokyo untuk memulai awal yang baru. Setelah membaca artikel ini, Morita mengunjungi Ibuka di Tokyo dan mereka memutuskan untuk mendirikan sebuah perusahaan baru bersama.
Pendiri Sony, Masaru Ibuka dan Akio Morita
Masaru Ibuka & Akio Morita | img by Bilan

Perkembangan Sony

Kemudian pada Februari 1960, Sony Corporation of America (Sonam) didirikan untuk mengawasi kegiatan pemasaran Sony di Amerika Serikat. Ini adalah sesuatu yang tidak ada perusahaan elektronik Jepang lainnya yang berani mencoba resiko ini. Dalam prosesnya, ia dikejutkan oleh mobilitas karyawan di antara perusahaan-perusahaan Amerika, yang tidak pernah ia lihat di Jepang. Dan ketika ia kembali ke Jepang, ia mencari karyawan berpengalaman yang “paruh baya” dari perusahaan lain untuk  diajak bergabung dengan Sony.
Sony memainkan peran utama dalam pengembangan Jepang sebagai eksportir kuat selama tahun 1960-an, 70-an, dan 80-an. Hal ini juga membantu untuk secara signifikan meningkatkan persepsi di Amerika tentang produk “buatan Jepang”. Dikenal untuk kualitas produksi, Sony mampu mengisi di atas harga pasar untuk elektronik konsumen dan menolak menurunkan harga.
Ibuka berperan dalam memperoleh lisensi teknologi transistor dari Bell Labs pada tahun 1950an, yang menjadikan Sony salah satu perusahaan yang mengaplikasikan teknologi transistor untuk penggunaan non-militer.
Pada tahun 1971, Masaru Ibuka menyerahkan posisi presiden kepada rekan-pendiri Akio Morita (Ibuka menjabat presiden di Sony dari tahun 1950 hingga 1971, dan kemudian sebagai chairman dari tahun 1971 hingga 1976).
Dibawah pimpinan Akio Morita, Sony mulai lagi mengembangkan perusahaan dibidang asuransi jiwa pada tahun 1979, dengan mendirikan Sony Prudential Life Insurance Co Ltd, perusahaan patungan 50-50 dengan The Prudential Life Insurance Co of America. Namun karena adanya resesi global pada awal tahun 1980, penjualan elektronik  jatuh dan perusahaan dipaksa untuk memotong harga, pada saat itu neraca keuntungan Sony turun tajam.
Norio Ohga menjadi presiden Sony pada tahun 1982, dan kemudian menjadi CEO Sony pada tahun 1989. Pada tahun yang sama, ia membeli Columbia Pictures Entertainment (saat ini Sony Pictures Entertainment) dari Coca-Cola Company sebesar $ 3,4 miliar. Satu tahun sebelumnya, ia membeli CBS Records Group (saat ini Sony Music Entertainment) dari Columbia Broadcasting System. Ohga juga memainkan peran penting dalam membangun Sony Computer Entertainment pada tahun 1993 . Dia mendukung Ken Kutaragi untuk mengembangkan PlayStation sebagai konsol milik Sony. Beberapa tahun kemudian Nobuyuki Idei menjadi CEO menggantikan Ohga.
Pada tahun 2005, Howard Stringer pengganti Nobuyuki Idei membantu untuk menghidupkan kembali perjuangan bisnis media perusahaan, Ia berharap untuk menjual bisnis perangkat dan fokus perusahaan lagi pada elektronik. Selain itu, ia bertujuan untuk meningkatkan kerja sama antara unit bisnis, yang ia sebut sebagai “silo”. Dalam upaya untuk memberikan merek bersatu untuk operasi global, Sony memperkenalkan slogan yang dikenal sebagai “make.believe” pada tahun 2009 .
Meskipun beberapa keberhasilan, perusahaan menghadapi perjuangan lanjutan di pertengahan sampai akhir 2000-an. Ia menjadi terkenal karena stagnasi, dengan nama merek memudar. Pada tahun 2012, Kazuo Hirai dipromosikan menjadi Presiden dan CEO, menggantikan Sir Howard Stringer. Tak lama kemudian, inisiatif perusahaan bernama “One Sony” untuk menghidupkan kembali Sony dari kerugian keuangan dan struktur manajemen birokrasi, yang terbukti sulit bagi mantan CEO Stringer untuk menyelesaikan, sebagian karena perbedaan dalam budaya bisnis dan bahasa asli antara Stringer dan beberapa divisi Jepang dan anak perusahaan Sony. Hirai akan lebih fokus untuk bisnis elektronik Sony, yang meliputi teknologi imaging, game dan teknologi mobile, serta pengurangan untuk bisnis televisi.
Dalam beberapa bulan terakhir, Sony telah menjual dan mengurangi beberapa departemen dan kepemilikan dalam rangka untuk meningkatkan keuntungan. Pada bulan Februari 2014, Sony mengumumkan penjualan divisi Vaio PC ke sebuah perusahaan baru yang dimiliki oleh dana investasi Jepang Industrial Partners dan mulai fokus lagi di divisi TV agar menjadi perusahaan sendiri untuk membuatnya lebih gesit. Dengan ini diharapkan dapat mengubah kerugian masa lalu.
Kemudian bulan itu, mereka juga telah mengumumkan akan menutup 20 toko. Lalu pada bulan April 2014, Sony mengumumkan akan menjual 9,5 juta saham Square Enix (kira-kira 8,2 persen dari total saham perusahaan) dalam sebuah kesepakatan senilai sekitar $ 48.000.000.
Pada Mei 2014 perusahaan mengumumkan itu membentuk dua perusahaan patungan dengan Shanghai Oriental Pearl Group untuk memproduksi dan memasarkan Sony PlayStation konsol game dan perangkat lunak terkait di Cina.

sumber: http://ashimima.com/sejarah-berdirinya-sony-dimulai-sejak-1946/

2 komentar: