Pages

Senin, 01 Desember 2014

Perkembangan Konsol Video Game Dari Generasi Ke Generasi

   Seberapa sering sih kamu main video game? Yang sering kita tahu video game itu dimainkan saat kamu sedang jenuh dengan rutinitas sehari-hari, saat liburan tiba, dan biasanya ada beberapa orang yang sangat hobi sekali bermain video game (gamers). Di bawah ini merupakan perkembangan konsol video game dari generasi ke generasi:
   Video Game pada awalnya terbuat pada awal tabung sinar katoda dengan penahan peluru kendali pada akhir 1940-an. Kemudian dikembangkan dalam permainan sederhana pada tahun 1950-an.  Kemudian dikembangkan lagi menjadi permainan berbasis komputer. Dan di era inilah video game dibagi menjadi berbagai platform seperti :
  • Arcade,
  • Mainframe,
  • Konsol,
  • Komputer Pribadi dan
  • Permainan Genggam.

Kemudian berkembanglah menjadi beberapa generasi seperti berikut ini :
Magnavox Odyssey.jpg (600×450)

Generasi Pertama (1972-1976)
   Generasi pertama dimulai dengan rilisnya Magnavox Odyssey. Kemudian produsennya meninggalkan pasar karena mulai beralih kepada mikroprosesor berbasis konsol.



Genrerasi Kedua (1976-1983)
   Generasi Kedua dimulai dengan rilisnya game 8 bit atau 4 bit dan konsol game ATARI yang menjadi favoritnya. Game tersebut adalah Atari 2600, Atari 5200, Fairchild Channel F , Magnavox Odyssey ver. 2.

Famicom-Console-Compact.jpg (640×480)

Generasi Ketiga (1983-1988)
   Generasi Ketiga dimulai dengan rilisnya FAMICOM (kemudian dikenal sebagai Nintendo Entertainment System). Di era inilah awal dari sistem 16-bit seperti Mega Drive/Genesis. Dan di era inilah terjadi perang konsol game yang pertama kalinya antara Nintendo dan SEGA.



Generasi Keempat (1988-1992)
   Generasi Keempat saat dibilang era 16 bit. Pada era ini SEGA bersaing dengan Nintendo dengan meluncurkan Sega Mega Drive (A.K.A Sega Genesis) pada tahun 1988. Konsol ini mampu menghasilkan gambar lebih tajam dan animasi yang cukup halus bila dibandingkan dengan NES. Dan pada tahun 1990 Nintendo mencoba untuk menyaingi kesukesan SEGA dengan meluncurkan SNES (Super Nintendo Entertainment System). Dan di generasi inilah berbagai produsen mencoba untuk mencoba menyaingi kesuksesan kedua produsen konsol tersebut seperti SNK dengan NeoGeo-nya, NEC dengan TurboGrafx-16, Phillips dengan CD-i, Commodore yang berbasis CDTV, dan Fujitsu dengan FM Towns Marty.



Generasi Kelima (1993-2001)
   Generasi Kelima dimulai dengan rilisnya Sony Playstation Gen 1st. Konsol game ini menjadi favorit pada era nya dikarenakan dapat menghasilkan gambar yang lebih baik dibandingkan dengan produk-produk kompetitornya dan juga memiliki banyak variasi game dikarenakan banyaknya publisher game yang membuat game pada platform tersebut.

Generasi Keenam (2000-2006)
   Generasi keenam dimulai dengan rilisnya konsol game dari Sony yaitu Sony Playstation Gen 2nd sebagai penerus kesuksesan Sony Playstation Gen 1st. Kemudian SEGA mencoba menyaingi kesuksesan Sony dengan meluncurkan Sega Dreamcast. Namun Sega Dreamcast dihentikan produksinya pada tahun 2001. Kemudian hadirlah konsol game Microsoft Xbox. Namun penjualannya dihentikan pada tahun 2005. Dan Nintendo dengan Camecube-nya.

console_wars-610x225.jpg (610×225)

Generasi Ketujuh (2006-2012)
   Di generasi ketujuhlah mulai bermunculan berbagai konsol game canggih dengan kemampuan menampilkan visualisasi 3D yang semakin mendekati nyata, dukungan kustomisasi penuh hingga dil. Konsol-konsol tersebut adalah Microsoft XBOX-360, Nintendo Wii dan Playstation 3.



Generasi Kedelapan (2012-Sekarang)
   Di generasi kedelapan, konsol game semakin canggih dengan berbagai dukungan sensor hingga hadirnya fitur-fitur yang tidak hanya mampu sebagai konsol game, namun juga mampu sebagai Multimedia-Machine. Seperti Microsoft XBOX-One dengan Sensor Kinect , Nintendo Wii-U dengan sensor Wii Remote dan Playstation 4 dengan Sensor Playstation Move.

sumber: http://cyberlineteam.com/2014/05/13/perkembangan-konsol-video-game-dari-generasi-ke-generasi/

0 komentar:

Posting Komentar